Trik dance

Senin, 03 Agustus 2009

tips untuk menjadi dancer

Mengapa kita harus belajar teknik Menari yang benar?"

Banyak penari berkata ketika mengambil lessons baik group dan privat bahwa mereka hanya ingin menjadi penari sosial yang baik dan bukan kompetitor, jadi mengapa mereka harus belajar teknik menari yang benar. Saya menjawab dengan penjelasan ini,” Tanpa menggunakan teknik yang baik dalam menari, kamu tidak akan menjadi seorang social dancer yang bagus. Jika kamu tidak menggunakan posisi kaki yang benar, atau postur yang tepat itu akan menjadikan masalah dalam keseimbangan dan masalah dalam lead/follow juga. Biasanya ketika sebuah gerakan tidak bekerja, ini disebabkan karena posisi badan yang keliru atau masalah dalam teknik lainnya. Saya pikir bahwa beberapa orang bingung antara teknik dan kecakapan dalam melakukan pertunjukkan dimana seorang kompetitor mencoba mencapai. Mempelajari teknik yang benar akan membuat kamu lebih menikmati berdansa baik kamu adalah leader ataupun follower. Teknik yang baik membuat seorang penari terlihat lebih mulus dan menolong aliran dansa secara umum dalam pelaksanaannya. Tempat latihan juga harus menunjang sang penari seperti tempat yang mempunyai kaca yg cukup bagi semua penari sehingga bisa dilihat kekompakannya atau melihat gerakan sendiri apakah sudah seperti yang diajarkan.


"Apakah saya seharusnya melakukan pemanasan sebelum dance lesson?"

Ya, tentu saja Anda harus melakukan stretching (pelenturan) sebelum setiap kelas nari ataupun sosial dance. Otot-otot dapat menjadi dingin dan kaku dan dapat membuat Anda cedera apabila tidak hati-hati. Stretching 5 menit atau lebih akan membantu dalam social dance juga.

Adalah sangat mudah bagi sendi bahu untuk cedera baik untuk pria maupun wanita ketika melakukan turn ataupun mengikuti turn. Bahkan lutut dan sendi pinggul dapat cedera karena putaran yang salah atau sepatu yang tidak sesuai untuk lantai dansa.

Hati-hati dengan badan Anda, cukup hanya mengambil waktu beberapa menit sebelum kelas untuk melakukan stretching dan pemanasan.

Ide-ide untuk stretching misalnya :

  • Gelengkan kepala ke kanan dan ke kiri, ke depan dan kebelakang, miringkan kepala ke kiri dan kekanan, untuk melenturkan sendi leher
  • putarlah bahu kedepan dan kebelakang dan juga mendorong mereka maju dan mundur untuk dapat merasakan postur dansa yang benar
  • Gerakan tangan ke atas kepala dan belakang
  • Putarkan sendi tumit kedalam dan keluar sehingga Anda tidak membuatnya cedera
  • Gerakan paha dari sendi pinggul kedepan dan belakang untuk melenturkan sendi tersebut

“Apakah Sebaiknya Anda membeli Dance Shoes?”

· Apabila Anda berfikir untuk menjadi seorang penari yang baik, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli sepasang sepatu dansa (dance shoes). Dance shoes adalah peralatan yang sangat penting dalam menari, seperti raket untuk badminton, atau bola untuk sepak bola, atau pakaian renang untuk berenang. Tidak perlu membeli sepatu yang mahal untuk awalnya, tapi pilihlah sepatu yang nyaman.

“Tip untuk Penari Pemula

· Cobalah untuk tidak pernah menolak ajakan menari dari seseorang yang mengajak Anda. Tidaklah enak rasanya apabila ditolak. Tip ini untuk pria dan wanita, dan peringatan untuk semua level pedansa. Ini adalah bagaimana cara kita untuk menjadi penari yang baik dengan menari dengan banyak partner atau pedansa berbagai tingkat.

· Pastikan bahwa Anda memiliki basic yang kuat dalam dansa yang Anda pelajari sebelum maju ke tingkat berikutnya atau belajar pola yang baru. Ini akan membuat frustasi apabila Anda tidak mempelajari basic secara baik-baik sebelumnya.

· Kita semua berdansa dari awal, dan mengulangi level pertama beberapa kali sebelum maju, dan kadang kala sebagai penari tingkat menengah atau ahli, mengulang adalah ide yang baik untuk menyegarkan ingatan dengan cara mengambil lagi kelas basic untuk mengingat hal-hal yang kita lupakan.

· Dalam Open Class, Anda dapat mempelajari berbagai macam hal umum seperti : Langkah dan Gerakan Basic tanpa terlalu berkonsentrasi pada detail atau menekankan pada teknik. Sangat mengejutkan bagi saya melihat beberapa murid hanya duduk di samping pada saat latihan, hanya melihat, berbicara dan tidak bergabung dalam pelajaran open class yang sangat penting. Mereka pikir bahwa mereka tidak perlu mengetahui hal lainnya diluar hal yang dia dapatkan secara langsung dari gurunya. Dalam Private Lesson, kita dapat belajar lebih tentang : Detail dan Penekanan dalam Teknik, Koreografi yang sesuai untuk diri Anda secara pribadi, Dapat meningkatkan kemampuan dan karakter pribadi

Sekedar info,sebelum melakukan pementasan sebaikya dilakukan Galdiresik di panggung tempat kita pentas untuk mengetahui Blocking panggung dan juga harus memiliki kepercayaan diri dan tidak grogi sehingga pementasan dapat berlangsung dengan baik dan sukses.

1 Komentar:

Blogger Azis Hapidin mengatakan...

ohhhhhhhhhh

9 Desember 2011 22.12  

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda